Gabut Saat Liburan? Ini 5 Hal Bermanfaat buat Meningkatkan Kualitas Diri!

Libur semester menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh banyak kalangan. Merencanakan liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata adalah hal yang paling umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, beberapa diantara kita memilih untuk dirumah saja saat liburan dikarenakan beberapa hal yang tidak memungkinkan atau lamanya waktu liburan yang masih  tersisa sebelum menunggu semester baru dimulai. Walaupun dirumah saja, bukan berarti liburan kita akan menjadi membosankan dan tidak seru. Tentunya, ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan dirumah selama liburan mu belum berakhir. Beberapa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kemampuan diri dan tentunya banyak yang gratis loh! Apa saja sih kegiatannya?

1. Membaca Buku

ilustrasi membaca buku/ shutterstock/ Prostock-studio

Membaca buku dapat menjadi hal paling sederhana untuk mengisi waktu luangmu. Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan ketika membaca buku. Semakin banyak ilmu dan informasi yang ada pada buku yang kamu baca, semakin banyak juga wawasan yang akan kamu dapatkan. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 di Universitas Sussex menemukan fakta bahwa membaca buku dapat mengurangi stress. Selain itu, dengan membaca buku kamu juga dapat meningkatkan konsentrasi dan skill menulis loh. Yuk, biasakan diri untuk membaca buku dan rasakan manfaatnya!

2. Berolahraga

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/marathon-running-light-eveningrunning-on-city-776440840
ilustrasi marathon/ shutterstock/ Pavel1964

Berolahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika kita rutin melakukannya. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, rupanya olahraga mampu meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh kita sehingga juga dapat mengurangi gangguan kecemasan, loh! Kamu dapat memulai olahraga dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Berolahragalah rutin 30 menit setiap harinya dan lakukan selama 5 kali dalam seminggu dan rasakan perubahan baiknya!

3. Memperdalam Skill Bahasa Inggris

ilustrasi bahasa Inggris/ shutterstock /ViDI Studio

Mengasah kemampuan berbahasa Inggris di era modern menjadi salah satu hal wajib yang perlu kamu lakukan. Kemajuan teknologi, masuknya informasi global, serta banyaknya perusahaan internasional yang berdiri di Indonesia menuntut kita untuk lebih mahir dalam memahami dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

Untuk mengasah skill bahasa inggris, kamu dapat memulainya dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan juga menonton youtube. Nantinya, kamu dapat menggunakan skill berbahasa Inggris mu untuk mengikuti beasiswa juga, loh!

4. Mengikuti Kursus Online

ilustrasi kelas online/ shutterstock/fizkes
Saat menjadi seorang pelajar kamu tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang diberikan, namun kamu juga diharuskan untuk menguasai beberapa skill dasar yang kamu butuhkan untuk memasuki dunia kerja. Apalagi di era modern dan serba canggih, sebagai mahasiswa kamu harus memiliki hard skills maupun soft skills yang mumpuni.

Kamu bisa mendapatkan kemampuan itu dengan mengikuti kursus online yang banyak tersedia dan dapat kamu akses dengan mudah. Apalagi kini banyak dibuka kelas online yang bisa kamu ikuti secara cuma-cuma alias gratis, loh! Nah, tunggu apaalagi? ayo isi CV kamu dengan memulai untuk mengikuti kursus online!


5. Mendaftar Beasiswa

ilustrasi beasiswa/ shutterstock/zimmytws

Mendaftar dan mendapatkan beasiswa dapat membantu kamu untuk semakin termotivasi dan tentunya juga dapat membantu meringankan biaya pendidikan kamu. Ada banyak sekali beasiswa yang dapat kamu apply ketika menjadi seorang pelajar. Manfaat lain  ketika kamu mengikuti suatu beasiswa adalah memiliki jaringan pertemanan yang luas dan banyaknya pengalaman yang akan kamu dapatkan. So, mulailah menggali informasi dan cobalah untuk mendaftar beberapa beasiswa!



















Komentar